Minggu, 29 Juli 2012

Sejarah Super Junior


Sejarah Super Junior


Super Junior (Syeopo Junieo) atau lebih dikenal dengan SJ/ SUJU (Super Junior) merupakan sebuah boyband yg berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggota yg berjumlah 13 orang yaitu, LeeTeuk, HeeChul, HanKyung, YeSung, KangIn, ShinDong, SungMin, EunHyuk, DongHae, SiWon, RyeoWook, KiBum, KyuHyun.

SUJU merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialah Super Junior 05 (TWINS / Knock Out), dirilus pada tahun 2005. Pada tahun 2010, hanya ada 10 anggota yg aktif, 3 orang diantaranya yaitu, HanKyung yg memiliki masalah hukum dengan SM Entertainment, sehingga menyebabkan HanKyung keluar dari SUJU (sekarang bersolo karir di kancah hiburan Mandarin POP) *tapi bagi ku, oppa tetep HanKyung SUPER JUNIOR*. Lalu KangIn, meninggalkan grub sementara waktu untuk melaksanakan WaMil (Wajib Militer), KiBum yg absen dikarenakan fokus pada karir seni perannya, dan pada tahun 2011 kemarin, HeeChul juga melaksanakan WaMil.

Namun, Anggota lain bersikeras bahwa 3 anggota SUJU tersebut  (HanKyung, KangIn, KiBum) masih merupakan bagian dari SUJU, mereka juga menyebutkan bahwa mereka sangat sedih dengan kepergian HanKyung dari grub.

Pre Debut

Sejak tahun 1990-an, agen bakat korea san label rekaman SME, telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yg melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S dan Shinhwa yg semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Lee Soo Man dipertengahan tahun 1990-an.

LeeTeuk dan EunHyuk adalah 2 anggota pertama dalam kelompok untuk direkrut. pada tahun 2000 dibawah SM's Starlight Casting System di Seoul.

Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka diluar negeri mengadakan casting audisi dan menemukan HanKyung di Beijing, terpilih diantara 3000 pelamar. Pada tahun yg sama, YeSung ditemukan (?) pada Seoul's Casting System bersama ShinDong, SungMin dan DongHae juga dipilih untuk menjadi trainee setelah penampilan mereka dalam kontes yg disponsori SM.

Pada tahun 2002, KangIn dan HeeChul direkrut bersama dengan KiBum yg ditemukan (?) di LA. SiWon di casting pada tahun 2003 dan RyeoWook pada tahun 2004, dimana yg terakhir ini ditemukan melalui ChinChin Youth Festival. Dan pada tahun 2005, KyuHyun terpilih.

Tidak lama setelag Boyband TVXQ (DBSK) debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee Soo Man yg belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu membentuk BB lain dengan cepat menyebar diinternet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa BB yg terdiri dari 12 anggota akan melakukan debut didekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi untuk menjadi 'The Gateway of Stardom Asia'. Lee mengumumkan bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini, dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model dan host radio sebelum debut. HeeChul dan KiBum yg telah berprofesu sebagai aktor dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di TV dan media.

Sebagai grub yg happening, jangan kaget kalau SUJU punta fans club sendri, yups..namanya Ever Lasting Friends atau disingkat ELF. Mereka cukup solid, salah satu contohnya, tiap tanggal 6 November, para ELF ngerayain hari Super Junior. Ceritanya, dulu pas tanggal 6 November 2005, SUJU nyanyiin single pertama mereka TWINS (Knock Out) di SBS Ingigayo. Gak cuma itu aja serunya, tiap kali SUJU konser, para ELF selalu bawa balon biru safir yg saking banyaknya, sampe keliatan kaya lautan ^^

Fans club resmi didirikan pada tahun 2006 dan warna perwakilan adalah Mutiara Biru Safir atau dikenal Sapphire Blue. Jadi jangan heran kalo ada SUJU, lautan Sapphire Blue akan terlihat.

Untuk urusan nama, emang lumayan panjang ceritanya. Sebelum mereka memakai nama SUJU seperti sekarang ini, awalnya mereka pake nama O.V.E.R singkatan dari Obey the Voice For Each Rhytm, tapi rupanya SME lebih suka menyebut mereka Super Junior karena melihat bakat yg menonjol dari tiap-tiap anggota.

Tadinya, grub ini mau dibikin sebagai grub rotasi, jadi nantinya akan ada member baru dan member lama keluar, bahkan dulunya SUJU bernama Super Junior 05, nantinya akan ada SUJU 06 dan sebagainya. Tapi, setelah penambahan KyuHyun itu, SUJU akhirnya jadi grub tetap, beranggotakan 13 orang dan embel-embel 05 dihilangkan. Dan sampai sekarang nama mereka tetap SUJU (yongwonhi ^o^)

Setelag promo TWINS dan Show Me Your Love, mereka melanjutkan degan single ke-2, Miracle di bukan Februari 2006 (masih tanpa KyuHyun). Video Musik lagu ini dibuat saat musim dingin lho..disaat cuaca dingin dan bibir pun terasa beku, SUJU memakai pakaian yg tipis, dan tetap berjingkrak-jingkrak happy, menari dan menyanyi. Dalam MV, gak keliatan banget kalo mereka lagi kedingina..bener-bener hebat!! Profesional!! DAEBAKKKK!!!

Miracle berhasil menduduki posisi pertama diberbagai chart musik korea dan chart musik Thailand. Single ini juga merupakan single terakhir suju dengan embel-embel 05.

Bulan Mei 2006 tanggal 23, KyuHyun resmi ditambahkan sebagai anggota ke-13 dan bersama-sama dengan 12 member lainnya, mereka merilis single terbaru yaitu U. Single tersebut dirilis secara online dan dapat didownload secara gratis pada tanggal 25 Mei 2006, melaui website resmi mereka. U telah didownload sebanyak 400.000 kali dalam waktu 5 jan setelah dirilis..wwooouuww..DAEBAK!! Dan akhirnya melebihi 1,7 juta kali download, sampai-sampai server situs tersebut jadi gangguan.

Lalu versi CD dari U ini dirilis tanggal 6 Juli 2006 dan terjual dari 81.000 copy hingga tahun 2007.

U berada diposisi pertama selama 5 minggu berturut-turut di 2 acara musik top korea. Lagu U juga berhasil mendapat penghargaan Mutizen Award di SBS Ingigayo, diminggu kedua sejak liris dan sanggup bertahan sampai 3 minggu berturut-turut. Selain itu, SUJU dapat penghargaan lain di M.Net's M! Countdown selama 2 minggu. Setelah promo U berakhir, SUJU merilis single Dancing Out pada tanggal 20 Juli 2006. Single ini merupakan single musim panas yg dimasukan dalam album 06 Summer SM Town. Pembuatan MV Dancing Out diambil di Kuala Lumpur, Malaysia. Single ini juga mendapat 2 penghargaan begitu dirilis. SUJU total mendapat lebih dari 7 penghargaan dari 5 ajang penghargaan music top Korea, salah satunya Best New Group.

Lalu pada tanggal 5 November 2006, SUJU membentuk subgroup pertama yaitu, Super Junior K.R.Y. Anggotanya ada 3 orang yaitu, KyuHyun, RyeoWook dan YeSung. Mereka bertiga adalah anggota SUJU yg dijuluki punya suara emas, vocal terbaik dan aliran musil RnB bercampur ballad. Salah satu pertunjukan SUJU K.R.Y adalah, program music KBS Music Bank (MuBank) dengan tema 'The One I Love'. Tapi sayangnya SUJU K.R.Y enggak punya album resmi, mereka Cuma berpartisipasi dalam kolaborasi sebuah album soundtrack drama.

Pada Februaru 2007, subgrup kedua terbentuk yaitu Super Junior T (Trot), aliran music mereka Trot. Dibentuknya hrub ini bertujuan untuk membuktikan bahwa SUJU mampu membawakan lagu jenis lain selain pop yg biasa mereka bawakan, juga untuk mengajak kembali anak muda untuk menikmati music jenis tror. Tanggal 25 Februari 2007, mereka meresmikan debut di SBS Ingigayo, membawakan lagu Rokkugo dan Chot Cha bersama dengan penyanyi trot Bang Shilyi.
Debut subgrub mereka ini juga menandai kembalinya HeeChul setelah kecelakaan mobil yg menimpanya pada tanggal 10 Agustus 2006, setelah HeeChul menghadiri pemakaman ayah DongHae di Mokpo.

Rokkugo menduduki posisi pertama di chart musik 3 hari setelah dirilis. Dab 2 bulan kemudian menduduki posisi pertama distasiun musik berbasik Thailand dan bertahan selama beberapa minggu. Single ini terjual hampir 46.000 copy dan menjadi single terlaris di Korea pada tahun 2007.
Car Accident

Tanggal 19 April 2007, 4 member SUJU mengalami kecelakaan hebat setelah melakukan program radio Super Junior Kiss The Radio, pada pukul 1 pagi. Yaitu, ShinDong, EunHyuk, LeeTeuk dan KyuHyun.

Mobil yg mereka tumpangi terguling karena ban pecah setelag supir mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.

KyuHyun, anggota termuda dan terbaru duduk tepat dibelakang supir dan mengalami luka paling parah, dia mengalami patah tulang pinggul, patah tulang iga dan beberapa luka memar dan luka gores di wajahnya. Bahkan saat dibawa ke rumah sakit pun KyuHyun perlu dibantu oksigen, karena paru-parunya mengalami pendarahan *T^T perih bgt ngebayanginnya* KyuHyun bahkan sempat mengalami koma. KyuHyun ditawat setelah 78 hari. Masuk RS tanggal 19 April, dan keluar 5 Juli.

LeeTeuk, leader dan juga anggota tertua..mengalami luka yg parah juga, tapi tidak separah KyuHyun. LeeTeuk terkena pecahan kaca diseluruh punggungnya dan disekitar matanya. Total LeeTeuk harus mendapat jahitan adalah 170 jahitan. LeeTeuk keluar RS pada tanggal 30 April, sementara EunHyuk dan ShinDong tanggal 23 April. Karena kondisi KyuHyun yg tidak memungkinkan, Kyu tidak ikut berpartisipasi dalam lagu dalam lagu Haengbokhe (Full of Happiness) yg dimasukan dalam album 07 Summer SM Town.

Lalu, SUJU merilis film perdana mereka berjudul Attack on The Pin Up Boys. Sebuah film bergenre comedy remaja. Ceritanya tentang pria-pria cantik yg diserang teroris. Karena sudah ada 3 korban, maka anak-anak sekolah jadi berharap mereka diserang teroris juga. Kalau diserang teroris, berarti mereka diakui kalau mereka pria cantik atau OK. Film ini premier tanggal 26 Juli. Karena KyuHyun masih sakit, maka dia tidak ikut berpartisipasi dalam film pertama mereka. LeeTeuk juga hanya tampil dalam MV Wonder Boysnya saja. Total penampilan LeeTeuk yg wajahnya terlihat kepermukaan kamera hanya 5 detik. Untuk membuktikan kalau dia adalah si panda. Padahal sebenarnya panda itu dimainkan oleh RyeoWook.

Film ini dibilang gagal dipasaran. Kalau tidak salah, film ini ditayangkan bersamaan dengan film D-War dan film-film berbudget tinggi. Sementara film ini hanya film sederhana. Tapi menurutku film ini seru ko, lucu, menghibur bgt ^o^

Versi DVD film ini yg dirilis SME justru laris di Korea dan di mancanegara, bahkan penjualannya lebih dari cukup untuk menutupi kerugian 8.500.000 won.

Setelah proyek film selesai, SUJU melanjutkan dengan album kedua mereka. Harusnya album ini dirilis tahun 2006. Berhubung HeeChul kecelakaan, ditambah kecelakaan yg menimpa 4 member 2007 lalu, akhirnya album ini tertunda.

Album ke-2 diberi judul Don't Don, sama dengan judul lagu mereka. Dirilis tanggal 21 September 2007.

SUJU kembali lengkap ber-13 di KBS MuBank. Dan dalam 3 hari sejak dirilis, album Don't Don ini berhasil melampaui anggka penjualan 11.000 copy dan debut di posisi pertama bersaing ketat dengan Lee Soo Young. Don't Don jadi album terlaris sepanjang bulan September. Sejumlah 60.000 copy album dikirim minggu pertama dan kemudian dicetak ulang. Setelah 3 bulan dipasarkan, Don't Don terjual 164.058 copy, membuatnya jadi album teratas. Namun, untuk album terlaris sepanjang tahun 2007 hanya menduduki urutan ke-2, kalah dari SG Wannabe dengan the Sentimental Chord-nya.

Penampilan mereka dialbum ke-2 ini, cukup membuat shock..gaya mereka berubag drastis, dari awalnya TWINS bergaya rock, pindah ke Miracle jadi lucu-lucu dan imut, beralih lagi gaya dewasa di U, pindah ke Don't Don jadi gaya-gaya punk / apalah itu. Rambutnya banyak yg dicat agak-agak putih (HanKyung, SungMin, KyuHyun). Baju-bajunya juga, kesannya gelaplah pokonya!! Tapi emang, lagunya yg berisi tentang issue-issue seosial, dengan paduan music dan yarian mereka..jadi lagu terfavaorit gw sepanjang masa..hot..!! DAEBAK!!

Baru sebentar promo, SUJU mengalihkan promo mereka kesingle berikutnya Marry U yg bergenre ballad dan RnB. Dengan balutan jas putih, semuanya tampil manis dan romantis. Jauh dari kesan garang di lagu Don't Don.
SUJU memperoleh 3 dari 7 nominasi diajang penghargaan M.Net/KM Music Festival (MKMF). SUJU mendapatkan penghargaan sebagai Besy Of The Year (Daesang Award) yg merupakan penghargaan tertinggi di ajang tersebut.

Oh iya, dilagu Don't Don itu ada seorang pemain biola yg iktu tampil. Namanya Henry Lau, ELF heboh saat itu, bertanya-tanya apakah dia penambahan member ke-14?! ELF menentang keras saat itu adanya penambahan member. Dengan selogan "Only 13". ELF kompakan buat demo didepan kantor SME. Bahkan ELF bekerja sama buat patungan beli saham SME. Namun, karena rata-rata ELF adalah anak sekolah, saham mereka hanya 0,3%, tidak cukup kuat untuk memberi pengaruh bagi SME. Akhirnta SM mengumumkan dibentuknya subgrub baru, Super Junior M yg nantinya dikhususkan untuk menembus pasa china. Dan SM mengumumkan adanya penambahan member lagi. Yaitu Henry Lau member ke-14 dan Zhoumi member ke-15. Dibentuknya subgrub ini, ditambah dengan adanya 2 member lain, menimbulkan kontroversi diantara fans.
Terlepas dari itu semua, SUJU M kini sukses-sukses saja di China. Bahkan jadi BB paling populer di China.

Subgrub ke-3 ini, diumumin secara resmi oleh SM Entertainment pada tanggal 2 Oktober 2007 membawakan lagu andalan mereka Me. SUJU M lebih difokuskan di pasaran musik China khususnya Hongkong yg tiketnya selalu terjual habis. Personil SUJU M ada 7 orang yaitu, HanKyung, DongHae, SiWon, RyeoWook, KyuHyun, Zhoumi dan Henry. Mereka berbaur dengan 2 personel baru berketurunan China yaitu Henry dan Zhoumi.
Tahun 2008
5 anggota SUJU aktif di Chinya, karena SM tidak mau kalau SUJU dilupakan di Korea, lalu terbentuklah Super Junior Happy. Subgrub ke-4 yg beranggotakan 6 orang. Sama seperti SUJU T tapi, posisi HeeChul digantikan YeSung. Jadi anggotanya adalah, LeeTeuk sang leader, YeSung, KangIn, ShinDong, SungMin dan EunHyuk. SUJU H diresmiin tanggal 30 Mei 2008 oleh SM lewat website Newsen. Subgrub ini membawakan lagu-lagi dengan jenis musik Bubble Gum-POP yg ceria, membawa kebahagiaan bagi yg mendengarkannya.
Mereka juga punya Mini album, berjudul Cooking? Cooking! yg dirilis tanggal 5 Juni 2008.

Setelah SUJU mengalami kesuksesan selama kurang lebih 3 tahun, SUJU menggelar Tour Asia pertama bertajuk Super Show the 1st Asia Tour. Tur mereka ini mulai dari tanggal 22 Mei 2008. Digelar dibeberapa kota di asia seperti Seoul, Beijing, Bangkok, Shanghai, Nanjinh, dll. Tiap konsernya sukses besar. Bahkan kabarnya, putri Thailand juga ikut nonton SuShow di Bangkok.

Tanggal 8 dan 9 Juli, ekspansi SUJU kejepang, dilakukan dengan menggelar premium Live Event di Nippon Budokan, Tokyo sebagai perayaan atas dibukanya fansite Jepang resmi tanggal 1 April 2008. Tiket 12.000 untuk penontok, terjual habis!! Tanggal 2 Agustus, SUJU datang ke Genting, Malaysia untuk menghadiri MTV Music Awart. SUJU datang sebagai tamu istimewa bersama-sama dengan The Pussycat Doll, One Replubic, dll. Dan SUJU satu-satunya perwakilan dari Korea. Mereka memenangkan Favorite Artis Korea disana.
Tahun 2009

Sorry Sorry Sorry Sorry
Naega Naega Naega Meonjeo
Nege Nege Nege Ppajyeo Ppajyeo Beoryeo Baby..

Buat yg suka sama SUJU, pasti tahu sepenggal lirik lagu Sorry Sorry diatas. Yap, setelah menggelar SuShow disemua negara tujuan, dan setelah SuShow Encore dibulan Januari 2009, SUJU siap-siap untuk meluncurkan album ke-3 mereka. Album ke-3 dirilis tanggal 12 maret 2009 dengan lagu andalan Sorry Sorry yg tariannya jadi trend, mulai dari pemain sepak bola, bapak-bapak kantoran, volley wanita, dll juga menarikan Sorry Sorry. Kabarnya, seminggu dirilis, sudah banyak yg order dan tembus sampe 150.000 keping. Wah, kalo disini..laku 150 ribu copy, udah diganjar double platinum, tuh!

Sorry Sorry mendapatkan 4 Mutizen Award di SBS Ingigayo dan 6 dari KBS Music Bank. Setelah sukses dengan Sorry Sorry, SUJU mengeluarkan album Repackage dengan 4 lagu tambahan, Neorago (It's You) lagu andalan mereka. Neorago hanya mendapat 2 Mutizen di SBS dan KBS.
Sukses dengan album ke-3 mereka, SuShow 2 digelar di Olympic Stadium Seoul selama 3 hri tagal 17 Juli sampai 19 Juli 2009.

Tak ada bangku kosong yg ELF sisakan disetiap konser (SuShow) mereka. Selang 2 minggu, premium Live Event ke-2 juga digelar di Jepang tanggal 18 September 2009, SUJU sukses juga menggelar SuShow2 nya di Hongkong (pertama kali di Hongkong, tahun lalu Hongkong tidak masuk list kota tujuan SuShow). Dan esok harinya tanggal 19 September 2009, mereka kembali ke Seoul untuk tampil di
Asia Song Festival (ini yg bikin heboh, coz..ELF Indo pada ngiri sama Agnes ckck..!!). SUJU memenangkan Best Asia Singer di ASF iti.

SuShow2 akan digelar lagi tanggal 18 Oktober 2009 di Shanghai.

Kritikan...
Sebagai sebuah grub dan artis, SUJU tak lepas dari kritikan. Banyak yg dibilang kalo SUJU kurang memiliki kualitas vocal *mwo?!!! (asah golok *?*)*. Kritik yg parah mereka peroleh saat tampil di MBC Music Core pada bulan Juli 2006. Diantara itu dipastikan semua tampil live, tapi SUJU tampil lipsync.
Fans mencoba membela SUJU dengan mengatakan HeeChul sedang sakit. Namun, yg mengkritik gak bisa nerima gitu aja, mereka bilang SUJU ada 13 member, 1 orang sakit gak perlu mereka semua jadi lipsync. Tapi, walaupun banyak kritikan, toh SUJU tetap aja populer. Fansnya makin banyak dan semakin banyal lagi ^^

Dan untuk bukti kalo SUJU itu bisa menyanyi, SUJU comeback dengan membawakan lagu Don't Din secara LIVE!! di KBS MuBank.
Lagu bertempo cepat tapi dibawakan dengan LIVE, walaupun gw sendiri liat SungMin agak keabisan nafas. Overall...DAEABAKKK!!!

SUJU jjang...!! SUJU jjang...!! SUJU jjang...!!
Dari 30 lagu yg mereka bawakan saat konserpun, hanya 6 lagu yg dibikin lipsynv. Selebihnya LIVE...membuat SUJU dapat sambutan positif atas konser mereka.

Tahun 2010
13 Mei 2010, SUJU kembali mengeluarkan album ke-4, Bonamana. Kali ini, hanya ada 10 member yg aktif dalam promo album. KiBum masih sibuk mendalami karirnya dibidan akting, namum KiBum mengeluarkan statement bahwa dia TIDAK keluar dari SUJU. KangIn, setelah 2 kasus yg agak sedikit mencemarkan namanya (berkelahi diclub dan tabrak) ia diskorsing dari kegiatan SUJU. Selanjutnya KangIn memutuskan menjalankan WaMil lebih awal. Dan sampai sekarang KangIn masih berada di camp WaMil. Dan yg paling bikin sesak nafas, adalah masalah kontrak HanKyung. Member asal China ini menuntut kontraknya dibatalkan. Dia ingin keluar dari
SUJU degan mengangkat masalah kontrak perbudakan (kontrak yg tidak adil) di SME saat sidang mengadilannya di Korea beberapa waktu lalu. Dan sekarang HanKyung resmi bukan member SUJU #>o< anio..gege tetep HanKyung SUPER JUNIOR..!!#

HanKyung juga sudah kembali ke China dan telah mengeluarkan albumnya sendiri. Ok..kapan-kapan aku bahas secara lebih rinci tentang kasus-kasus di SUJU.

Dan setelah BONAMANA (Minah), SUJU mengeluarkan single No Other. MVnya asseeekk..nyatakan cintamu oppadeul..!! ^^

Tahun 2011
Ditahun 2011, ada 3 member SUJU yg maen drama seri, yaitu DongHae yg mainkan drama 'It's Alright Daddy's Daughter', SungMin 'President' dan yg paling cool SiWon 'Goddes of War'. Harus pada nonton nih bagi pecinta SUJU, terutama ELF. OK..!!

Seperti yg kita semua ketahui SUJU tahun 2011 sedang dala tahap persiapan comeback mereka 5JIB (album ke-5), diprediksi akan lebih DAEBAK dari album sebelumnya, 4JIB (Bonamana) dan 3JIB (Sorry Sorry).

5JIB ini ada 3 versi. Versi A, B dan C. Versi A tentunya
yg akan dihitung di hanteo chart dan menentukan menang atau tidaknya SUJU di GDA (Golden Disk Award) ditahun 2011.

Versi B adalah album repackage, ada tambahan 3 lagu dan versi C yg paling mahal dengan tambahan all classic video dan BTS dari awal debut sampai sekarang. 5JIB kali ini berisi 10 lagu, 9 lagu baru dan 1 instrumental.

ELF dihebohkan dengan bocoran koreografi yg fiberikan @famous_jae sekali SME performance director berupa foto yg di share di twitternya saat itu.
Walaupun hanya terlihat kakinya saja, ELF sangat senang dan semakin menanti-nantikan diriisnya 5JIB. Dia juga memberikan bocoran formasi dancenya dengan bentuk gelas cup, digambar tersebut ditulis nama-nama member SUJU dan ternyata LeeTeuklah yg jadi lead dance di 5JIB. Disusul EunHyuk dan Hae dibelakangnya, lalu ada RyeoWook, SiWon dan SungMin. Dan dibelakangnya lagi ada Kyu dan ShinDong, lalu yg terakhir paling belakang HeeChul dan YeSung.

Ada kabar gembira datang dari korea ELF, dia berkata melihat KiBum yg sedang menuju dorm SUJU dan berteriak pada fans diluar "Aku akan kembali di 5JIB". Dan kabar itu dengan cepat menyebar keselurug ELF!! Tapi, ada pertanyaan besar, kenapa nama KiBum tidak ada diformasi dance yg ditulis di cyp tadi?! Ada yg bilang itu suprise buat ELF. Tapi..nyatanya, KiBum tidak ikut dalam 5JIB.

Dan mengenai kabar tentang SM yg sedang bernegosiasi dengan HanKyung untuk ikut dalam 5JIB itu hanya RUMOR dan memang HOAX! Dan terbukti kalau HanKyung memang tidak ikut dalam 5JIB T^T

Kabar lagi dari Korea ELF bahwa koreografi di lagu ini akan seperti 'Wild' danxe dan dance ini sangat sulit. Dikabarkan ketika latihan, KyuHyun sempat mengganti sepatunya dari Nike ke Adidas karena dia terpeleset.

Nah title song di 5JIB ini akan berjudul 'GOTCHA NUMBA' yg bermaksud 'GOT YOUR NUMBER'.

Video musik teaser judul SUJU 5JIB, 'Mr. Simple' dirilis pada 1 Agustus lalu.

Teaser video dirilis di FB SMTOWN halaman (http://www.facebook.com/smtown),
FB SUJU halaman (http://www.facebook.com/superjunior), Youtube SMTOWN saluran (http://www.youtube.com/smtown), serta situs resmi SUJU (http://superjunior.smtown.com/)

Hal ini dieprkirakan untuk memikat penggemar musik diseluruh dunia dengan menghadirkan konsep ubersexual yg mencakup pesona yg tidak biasa dari SUJU yg telah mengubah diri menjadi lebih jantan dan bergaya.
Sebelum merilis album, SUJU dijadwalkan untuk merilis judul lagu mereka dari album full ke-5 "Mr. Simple" melalui situs musik seperti Melon, Dosirak, Bugs, dll pada tengah malam 2 Agustus. Sehingga akan menarik perhatian penggemar musik yg telah menunggu untuk lagu baru SUJU.
Sementara itu, album SUJU 'Mr. Simple' (versi A) akan dirilus pada 3 Agustus.

Kamis (18/8) SME, perusahaan yg menaungi SUJU mengungkapkan bahwa album versi B akan berisi 12 lagu yg sama dengan versi A. Namun kali ini, lagu Superman telah ditambahkan dalam track list sehingga berjumlah 13 lagu.

Superman sendiri sudah dinyanyikan SUJU semenjak minggu pertama comeback mereka di beberapa program musik. Banyak sekalu ELF yg kecewa karena lagu tersebut tidak masuk dalam album. Lagu Superman adalah lagu berirama hip hop minimalis yg menampilkan kemampuan masing-masing bernyanyi dalam vokal rendah.

Cover untuk almbum versi B juga sudah menjadi topik pembicaraan yg panas dikalangan penggemar KPOP. Yg disinyalir akan menjadi album terlaris dipasaran juga seperti Versi A yg berhasil menembus urutan ke-3 Billboarg Chart dunia. Konsepnya sendiri sangat berbeda dengan versi A yg lebih colorfull dan maskulin, versi B menampilkan konsep urban soldier. Versi B ini dirilias pada 22 Agustus 2011.

Tahun 2012
SUPER JUNIOR 6JIB
SUPER JUNIOR PAMER BODY >.<

Comeback Super Junior awal Juli ini meman g membuat ELF diseluruh dunia bersorak-sorai karena mereka gak pernah menyangka Super Junior akan mengeluarkan albu, sebelum LeeTeuk menjalankan wajib militer. Ingin tahu lagu kesukaan mereka masing-masing anggota Super Junior di album Sexy, Free & Single ini?!! Ikutin aku terus ya ^_^

ELF emang cinta banget sama Super Junior ^_^. Setelah mereka melakukan Comeback Stage di Mnet Countdown pd 5 Juli 2012 kemarin, Super Junior mendapatkan kemenangan pertamanya pd tanggal 10 Juli 2012 di acara MBC Show Champion. ShinDong yg kebetulan menjadi MC acara dg ditemani LeeTeuk, menerima piala kemenangan tersebut.

Tdk butuh waktu lama menikmati kemenangan pertama, Super Junior menang lagi di Mnet Countdown 12 Juli 2012. “Hal pertama yg ada dipikiranku saat ini adalah orang tuaku yg sedang menonton di rumah. Terima kasih. Aku mencintai kalian. Dan terima kasih kepada semua fans yg datang hari ini.”ucap SungMin saat menerima piala kemenangan, seperti yg ditulis Indonesia Want SJ.

“Aku senang sekali dapt bertemu dg semua org disini bersama anggota Super Junior setelah lama tdk muncul. Aku bersyukur. Ini bukan kemenangan yg diberikan kepada kami karena kami melakukan yg terbaik untuk melakukan yg lebih baik.”ucap KangIn setelah ditanya LeeTeuk bagaimana perasaannya setelah keluar dari wajib militer.

KyuHyun, anggota termuda tdk mau ketinggalan mengucapkan terima kasih,”Aku ingin membagi kebahagiaan ini dg anggota yg ada disini dan yg tdk bisa ada disini. Aku juga ingin berterima kasih kepada funclub kami, ELF, yg paling banyak mendukung dan mencintai kami.”ujarnya.

Kemanangan Super Junior di acara musik televisi ini berdasarkan perhitungan penjualan album fisik dan digital. Untuk Mnet Countdown sendiri, mereka memiliki polling tersendiri untuk memilih pemenang.


King Album
Sejak dirilis, album Sexy, Free & Single pd 4 Juli 2012, berhasil menduduki peringkat pertama diberbagai chart seperti Hanteo, Hot Track dan lainnya. Tdk hanya chart harian, mereka menduduki posisi puncak di chart mingguan dg angka penjualan yg luar biasa.

Hal ini sekaligus membuktikn kalau fans Super Junior memang banyak jumlahnya bahkan mereka sempat disebut King Album. Setiap Super Junior merilis album, pasti laris manis ^_^ *iya dong…Super Junior gitu lho…*. Masih ingat kan dg album ke-5 mereka?! Yup, album Mr. Simple samp harus diproduksi ulang karena kehabisan stock.

Di Taiwan pun, lagi-lagi Super Junior bikin rekor baru dg 6JIB mereka. Lagu berjudul Sexy, Free & Single, sukses menduduki peringkat pertama KKBOX’S Korean Music TOP 100 Chart sejak pertama dirilis.

Dg menyabet posisi pertama, Super Junior telah berada di posisi puncak KKBOX’S Korean Music TOP 100 Chart selama 110 hari berturut-turut, dg lagu Bonamana 63 minggu dg lagu Mr. Simple  46 minggu. Ini semua membuat Super Junior menjadi Boyband yg tdk pernah lepas dari posisi pertama sejak Juli 2010.


Sejuta Dalam 12 Jam
Super Junior yg merilis MV Sexy, Free & Single  setelah press konferen, menjelaskan kalau pembuatan MV dg menggunakan kamera matrix. Untuk menangkap gerakan yg powerful saat menampilkan SFS, Hong Won Ki sutradara memakai kamera matrix agar bisa menampilkan gerakan lebih berenergi. Sementara syting MV-nya sendiri dilakukan di Gwangju sejak pertengahan bukan Juni lalu.

Sedikitnya ada 5 model kostum yg dg 5 background yg berbeda didalam MV SFS ini. Mulai dari pakaian santai, formal sampe yg aneh dikenakan oleh Super Junior.

Warna orange, putih dan hitam mendominasi ditiap set karena didukung kostum Super Junior yg berwarna sama. SIWon bahkan mewarnai putih rambutnya di set yg backgroundnya juga putih. Selain tetap tampil berani dg memamerkan body yg hanya ditutupi selendang dibagian leher. Sementara LeeTeuk memperlihatkan tubuhnya yg berotot dg menggunakan atasan seperti baju kerajaan.

Selain menggunakan kamera matrix, teknik freezing seperti MV Bonamana dan No Other juga ada di MV ini. Sehingga MV ini terlihat kaya walaupun hanya berdurasi 3 menit 46 detik. Dilihat sejuta kali di Youtube, bisa dibilang bukan hal yg sulit lagi untuk MV Super Junior. 12 jam setelah dirilis, Super Junior sudah berhasil melewati angka tersebut. Pd tanggal 12 Juli 2012 lalu, MV ini sudah dilihat sekitar 6 juta kali.

Super Junior & Wajib Militer
Tentang wajib militer yg harus mereka jalani, Super Junior akhirnya bicara blak-blakan. Di acara press konferen peluncuran album ke-6 Super Junior, ShinDong menjelaskan, “Suatu hari, kami membicarakan tentang wajib militer seharian. Kami berfikir apakah kami harus masuk bersamaan dlm satu waktu atau setengah-setengah? Kami berfikir banyak hal dan memutuskan yg terbaik adalah masuk satu persatu untuk menjaga Super Junior.”jelasnya.

YeSung yg akan mendapatkan giliran setelah LeeTeuk menyamai pesannya, “Aku penasaran apa yg akan terjadi setelah LeeTeuk masuk wajib militer, tapi untungnya siapapun yg pergi untuk wajib militer, kami akan mempertahankan tim kami (Super Junior). Menurutku ini adalah keputusan yg baik bila anggota lain tetap bisa aktif disaat satu atau dua anggota lainnya menjalankan wajib militer.”ucapnya.

Hal serupa disampaikan oleh EunHyuk, “Aku akan senang jika Super Junior bisa bertahan untuk waktu yg lama. Tdk peduli apa yg kami lakukan secara individu, mereka tetap menjadi bagian dari Super Junior.”ucap EunHyuk. LeeTeuk yg akan masuk wajib militer setelah promosi SFS tdk mau ketinggalan memberikan pesan, “Menurutku wajib militer akan menjadi PR terbesar dan ‘jadwal’ terpanjang, tapi itu tdk penting saat aku menjalankan wajib militer. Yg terpenting adalah aku bisa pergi dan menyelesaikannya sehingga aku bisa kembali dan berpartisipasi di album berikutnya. Aku akan kembali dan menunjukan sisi yg berbeda dari diriku.”tutup penyuma waran putih ini.


Sexy, Free & Single
Pd press conference perilisan album yg dihadiri anggota Super Junior 4 Juli 2012 lalu, LeeTeuk memberitahu sebenarnya dia senang serta berdebar-debar dg comeback kali ini. Dia bercerita tentang SFS. “Lagu ini bergenre R&B House. Lagu ini bercerita tentang laki-laki keren yg sukses setelah bersimbah darah dan bercucuran air mata.”ujarnya.

Dari penjelasan LeeTeuk bisa dibilang lagu ini bercerita tentang Super Junior sekali, tapi ShinDong memiliki pendapat yg berbeda, “Menurutku bila laki-laki yg baru putus dari cinta pertamanya dan dengar lagu ini, mereka akan mendapatkan kekuatannya kembali. Singkat kata ‘aku bisa kuat dan tetap keren tanpamu’.”ujar ShinDong. “Dg lagu ini, laki-laki akan merasa lebih keren dan wanita akan jatuh cinta dg lagu ini dan menjadi lebih cantik.”ujar LeeTeuk yg baru berumur 29 tahun (30 umur Korea) pd tanggal 1 Juli 2012 kemarin. “Kami mendapatkan banyak julukan seperti King of Hallyu, Center og Kpop, dan lainnya. Harapan kami sekarang adalah Super Junior bisa tumbuh menjadi Boyband yg disukai kelompok umut 10’an sampai 60’an.”harap LeeTeuk.


Lagu Favorit
Ditanya tentang lagu favorit tiap anggota Super Junior, mereka memilih lagu yg berbeda-beda, ShinDong memilih Daydream, “Aku suka dg lagunya saat pertama kali mendengar demo lagunya. Dan aku sangat ingin menampilkannya dipanggung.” Sementara, RyeoWook memilih lagu Gulliver, “Aku satu-satunya yg menyanyikan lagu itu, LeeTeuk, EunHyuk, ShinDong dan DongHae bagian rapp. Yg menulis lagu ini adalah EunHyuk.”jelasnya.

Sementara DongHae memilih lagu untuk ELF. From U sebagai lagu pilihannya, sedangkan SiWon memilih Someday yg merupakan lagu remake, “Aku mau pendengar mengingat kenangan indah mereka, saat mereka mendengarkan lagu versi kami.”katanya.

Beda lagi dg SungMin, ia memilih Bittersweet, “Lagu ini dinyanyikan oleh RyeoWook, KyuHyun, YeSung dan aku sendiri. Lagu ini memiliki melodi yg manis. Liriknya bercerita tentang sakit dan pahitnya cinta.”jelasnya. Sementara KangIn memilih Rockstar, dan KyuHyun memilih lagu NOW. Dua member lainnya, EunHyuk memilih Butterfly dan YeSung memilih A ‘Good’ Bye.

LeeTeuk merupakan anggota tertua di Super Junior juga memberikan bocoran kenapa ia selalu kelihatan segar, “Aku selalu minum vitamin C, Magnesium, Propolis, omega 3, pil yg terbuat dari buah dan sayuran dg gingseng merah di pagi hari dan mendapatkan banyak energy dari sana.”katanya. “Kalau LeeTeuk melewati minum obat itu sehari saja, dia akan lemas seharian.”ledek SiWon.

Cr. Berbagai Sumber
Top of Form

1 komentar:

  1. Hi my name is Nelson Lee Dickson i want to testify on how i won my lottery Straight away after Dr. Fode cast the Lottery spell for me, I felt enveloped by the control of the spell. This spell change my life into riches. I am now out of debts and experiencing the most amazing good luck with lottery after i won a huge amount of money. I have more luck now than I ever had in my life. i won ( $56,000,000) usd. Dr Fode Your Lottery spell made wonders, I can't believe it. Thank you so much sir for dedicating your time to cast the Lottery spell for me.”I am eternally grateful for the lottery spell Dr.Fode did for me. You can email him for you own lottery number.email is drfodesolutionspelltemple@gmail.com he is the only way to win the lottery and it is the best.you can also contact him on whats-app this mobile Number +393510804418 .

    BalasHapus